Skip to main content

14 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin Di Pasaran

Harga bitcoin
Shutterstock.com
Bitcoin didirikan oleh Satoshi Nakamoto (identitas asli Nakamoto masih menjadi misteri) pada tahun 2009. Sebagian besar dari Anda telah mendengar / membaca tentang Bitcoin pada tahun 2017 ketika harga Bitcoin melonjak dan meningkat setiap hari. Bitcoin adalah sistem blockchain terdesentralisasi pertama yang tidak memerlukan pihak ketiga untuk mengkonfirmasi transaksi. Jaringan Bitcoin sepenuhnya terdesentralisasi dan tidak ada otoritas pusat atau pemerintah yang menghentikan jaringan.

Harga Bitcoin itu tertinggi sepanjang masa dari $ 19700 pada 17 Desember. Harga Bitcoin pada 1 Januari 2017 adalah $ 1.000 dan Bitcoin telah meningkat sekitar 1970% pada tahun 2017 saja. Jika Anda berpikir bahwa Anda melewatkan kesempatan emas dalam hidup Anda untuk menjadi seorang jutawan, jangan merasa buruk. Dalam posting ini, kita akan membahas kapan harga Bitcoin akan mengalami booming seperti 2017 dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi harga Bitcoin.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

1. Permintaan dan Pasokan
Satoshi Nakamoto (pencipta Bitcoin) menetapkan persediaan maksimum Bitcoin menjadi 21 Juta. Pasokan Bitcoin perlahan akan membuka waktu yang membuat seseorang lebih sulit untuk mengendalikan seluruh pasokan yang beredar.

Mata uang Fiat (Dolar AS, Euro, INR, Yuan) dikendalikan oleh otoritas pusat (Bank Sentral, Pemerintah). Ketika ada krisis ekonomi atau dalam banyak keadaan, bank sentral dapat mencetak lebih banyak uang. Di sisi lain, pasokan Bitcoin dikendalikan oleh algoritma matematis dan telah ditetapkan hingga 21 Juta.

Tingkat inflasi pasokan Bitcoin akan berkurang secara otomatis setelah setiap empat tahun. Tingkat inflasi pasokan Bitcoin saat ini adalah 4,70% dan akan berkurang menjadi 1,80% setelah Mei 2020.

Bitcoin adalah mata uang elektronik peer-to-peer (digital) yang akan dikirimkan kepada siapa pun tanpa izin dari pihak ketiga (Pemerintah, bank, dan pihak berwenang lainnya). Karena sifat anonim Bitcoin, sangat sulit untuk melacak transaksi. Bitcoin digunakan untuk membeli dan menjual produk / layanan di web gelap. Orang-orang juga menggunakan Bitcoin dalam pembayaran lintas batas karena biaya transaksi yang rendah.

Permintaan Bitcoin terus meningkat dan pasokan meningkat sangat lambat dibandingkan dengan permintaan. Ini akan meningkatkan harga bitcoin dan Bitcoin dapat mencapai nilai tinggi sepanjang masa baru setelah separuh berikutnya.

2. Peraturan
Pasar Bitcoin sangat baru dan belum diatur di banyak negara. Ada beberapa negara seperti Australia, Brasil, Kanada, Denmark, Jerman, Hongkong, dan daftarnya terus berlanjut. Sesuai data yang diberikan oleh penelitian, Bitcoin legal di 148 negara di seluruh dunia.

Menurut data di atas, Bitcoin masih dibatasi di Cina dan India. Kedua negara ini memiliki populasi gabungan 2,80 Miliar yaitu 38 persen dari total populasi dunia. China sedang mencari teknologi Blockchain dan Bitcoin legal pada tahun 2020, pemerintah India juga membuat tim yang akan mempelajari tentang blockchain dan bitcoin. Jika kedua negara ini akan mengesahkan Bitcoin maka mungkin ada kenaikan besar dalam harga yang memungkinkan bitcoin.

3. Mengurangi Bitcoin
Bitcoin Membelah dua Membelah dua bitcoin adalah peristiwa yang mengurangi hadiah per blok menjadi 1/2. Penambang Bitcoin mendapatkan hadiah setelah berhasil menambahkan blok baru ke dalam blockchain bitcoin. Hadiah hanya diberikan kepada penambang yang mengkonfirmasi transaksi blok dan menemukan nilai hash blok. Peristiwa membagi dua terjadi setelah setiap 210.000 blok (Kira-kira 4 tahun).

Pada 2009 ketika Bitcoin dimulai, hadiah per blok ditetapkan ke 50 BTC. Itu berarti setiap penambang yang menambahkan blok baru di blockchain mendapat hadiah 50 BTC. Blok pertama separuh Bitcoin terjadi pada November 2012 dan hadiah blok dikurangi menjadi 25 BTC dari 50 BTC.

Blok kedua separuh Bitcoin terjadi pada Juli 2016 dan hadiah blok dikurangi menjadi 12,5 BTC dari 25 BTC. Pengurangan setengah dari Bitcoin kemungkinan akan terjadi pada Mei 2020. Pengurangan separuh blok ketiga akan terjadi pada ketinggian 630.000 blok dan mengurangi hadiah blok menjadi 6.25 BTC dari 12.5 BTC.

Harga Bitcoin pada separuh pertama (28 November 2012): $ 11 (Perkiraan)
Harga Setelah 1 Tahun Dibelah Dua: $ 1100
Harga Bitcoin untuk separuh Kedua (9 Juli 2016): $ 750
Harga Bitcoin Setelah 1 setengah tahun: $ 19700
Dari sejarah harga Bitcoin sebelumnya, kita dapat memprediksikan bahwa Bitcoin akan mengalami booming setelah dikurangi separuh dan peningkatan besar Bitcoin dapat dilihat pada tahun 2021.

4. Bitcoin Hashrate
Hashrate Bitcoin adalah kekuatan komputasi total dari jaringan blockchain bitcoin. Dengan kata mudah, semakin hashrate jaringan, semakin aman dan tak terhindarkan jadinya bagi peretas. Hashrate Bitcoin terus meningkat sejak Desember 2018 seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Bitcoin hashrate menentukan jumlah hasa Tera per detik (triliunan hash per detik) yang dilakukan jaringan Bitcoin. Hashrate tidak akan mempengaruhi harga Bitcoin dalam jangka pendek tetapi memiliki dampak besar dalam jangka panjang. Karena hashrate dari jaringan Bitcoin meningkat, itu akan membawa lebih banyak kepercayaan di antara para investor untuk bertaruh pada Bitcoin. Hashtrate membuat Bitcoin blockchain aman dari serangan jahat.

5. Emosi
Crypto Fear & Greed Index terbaru
Di atas adalah ketakutan dan keserakahan indeks Bitcoin. Rentang meter dari 0 hingga 100. Nilai lebih dekat ke 0 berarti ada ketakutan berlebihan di pedagang pasar dan nilai lebih dekat ke 100 berarti keserakahan maksimum. Lebih baik membeli ketika indeks meter di bawah 30 dan menjual ketika meter di atas 75. Ini hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan indikator pembelian dan penjualan yang akurat.

Emosi trader berperan penting dalam menentukan harga Bitcoin. Seperti yang Anda ketahui Bitcoin adalah sistem pembayaran elektronik peer-to-peer (P2P), sebagian besar pasar Bitcoin juga adalah Peer-to-Peer (P2P). Alasan utama volatilitas harga Bitcoin adalah pasar P2P ini. Jika ada berita positif datang di pasar, pedagang akan mulai membeli dan jika berita negatif menghantam pasar maka ada penjualan cepat yang akan memompa dan membuang harga.

6. Analisis Teknis
Analisis Teknis meliputi pola grafik dan tekanan jual beli pasar. Analisis Teknikal bagus untuk memprediksi pergerakan harga dalam jangka pendek. Pergerakan harga jangka panjang dapat diprediksi dengan moving average mingguan dan indikator volume. Analisis Teknis sebagian besar akan bekerja pada pola dan indikator grafik. Analisis teknis akan berfungsi baik dalam jangka waktu pendek dan jangka waktu lama tetapi Anda harus menguasai indikator untuk itu.

7. Analisis Fundamental
Analisis Fundamental adalah metode untuk menemukan nilai wajar suatu aset dengan menjelaskan peristiwa yang akan datang dan faktor ekonomi makro. Ada banyak peristiwa yang dapat mempengaruhi harga suatu aset. Jika aset diadopsi atau diatur di suatu tempat, atau beberapa negara berencana untuk membeli aset, nilai kelas aset dapat meningkat. Setelah melakukan analisis fundamental, seseorang dapat menemukan apakah aset dinilai terlalu tinggi atau undervalued.

8. Manipulasi
Pasar Bitcoin dan cryptocurrency sangat kecil dibandingkan dengan total uang dunia. Total marketcap Bitcoin adalah $ 132 Miliar (pada saat penulisan) dan total marketcap dari seluruh pasar cryptocurrency adalah sekitar $ 200 Miliar yang sangat kecil dibandingkan dengan marketcap Emas ($ 7,5 Triliun).

Menjadi lebih mudah bagi pemain besar untuk menggerakkan pasar ke arah yang diinginkan. Harga Bitcoin sangat fluktuatif dan pemain besar mengambil keuntungan dari ini. Komunitas crypto menyebut mereka Paus (orang / kelompok memiliki sejumlah besar dana). Baru-baru ini Bitcoin telah melihat kenaikan harga 40% dalam satu hari. Harga bergerak dari $ 7200 ke $ 10300 hanya dalam beberapa jam. Bitcoin sekarang diperdagangkan pada $ 7200.

9. Biaya Penambangan
Biaya Penambangan adalah faktor besar lain yang mempengaruhi harga Bitcoin. Biaya penambangan bervariasi tergantung pada lokasi, tarif listrik, dan iklim. Penambang adalah jantung dari blockchain Bitcoin. Miner memberikan kekuatan jaringan dan memelihara kepercayaan antara node. Siapa pun dapat memulai penambangan Bitcoin, Anda hanya perlu membeli perangkat keras yang tepat dan menghubungkannya ke kumpulan penambangan.

Karena penambang dan perangkat keras baru ditambahkan ke jaringan bitcoin, kesulitan hashrate dan penambangan Bitcoin akan meningkat. Biaya penambangan akan meningkat dengan kesulitan sehingga harga perlu didorong lebih tinggi untuk membuat penambangan menguntungkan. Selama penambangan bitcoin menguntungkan, bitcoin menjadi lebih dan lebih aman dan besar. Penambang akan berhenti menambang ketika penambangan bitcoin tidak menguntungkan, sehingga harganya harus lebih tinggi dari biaya penambangan.

10. Adopsi
Adopsi Bitcoin meningkat dalam 10 tahun terakhir. Ada banyak situs web dan perusahaan besar yang mulai menerima Bitcoin sebagai mode pembayaran. Banyak toko kecil dan lokal juga menerima Bitcoin sebagai pembayaran. Jumlah ATM Bitcoin meningkat setiap hari dan lebih dari 6000 ATM Bitcoin dipasang di seluruh dunia.

Ketika harga Bitcoin meningkat, itu semakin populer dan menarik. Hampir semua rumah media besar dan outlet berita sekarang menerbitkan tentang masa depan dan penggunaan teknologi Bitcoin dan blockchain. Presiden Cina Xi Jinping berkomentar bahwa teknologi blockchain adalah masa depan dan perusahaan Cina harus mulai menggunakannya.

11. Derivatif dan Pasar Berjangka
Pasar berjangka Bitcoin yang diselesaikan dengan uang tunai pertama kali diluncurkan pada bulan Desember 2017. CME Group dan CBOE adalah yang pertama yang menyediakan kontrak berjangka Bitcoin. Pasar berjangka memungkinkan pembeli untuk membeli dan penjual untuk menjual aset ke tanggal dan harga masa depan yang telah ditentukan.

Pasar berjangka memiliki dampak besar pada harga aset. Ketika banyak pedagang di masa depan membuka posisi sell (tempatkan penawaran bahwa harga aset akan jatuh pada tanggal kedaluwarsa), pasar diperkirakan akan turun dan sebaliknya. Beberapa pedagang berpengalaman selalu mengingat posisi pendek dan panjang dari suatu aset sebelum melakukan perdagangan apa pun.

Ketika pasar berjangka diluncurkan untuk Bitcoin, harga membuat tertinggi sepanjang masa dan menyentuh $ 19700. Setelah beberapa minggu di pasar berjangka, harga Bitcoin turun dengan cepat dan menghasilkan $ 3100 pada Desember 2018. Bitcoin kembali melihat pertumbuhan besar lebih dari 300% sebelum pasar berjangka Bakkt diluncurkan.

12. Platform Pasar dan Perdagangan
Setiap pasar membutuhkan likuiditas yang baik untuk menarik investor baru. Total volume pembelian dan penjualan suatu aset disebut likuiditas. Semakin tinggi likuiditas suatu aset, semakin mudah pesanan Anda dipenuhi.

Ada banyak platform perdagangan baru dan pasar muncul setelah peluncuran Bitcoin. Beberapa platform perdagangan Bitcoin yang terkenal adalah Binance, Bitfinex, Kraken, Bithumb, Bitstamp, Poloniex dan Bitmex. Beberapa pasar P2P Bitcoin yang terkenal adalah LocalBitcoins, Paxful, dan Bisq.

13. Pergerakan Besar pada Rantai
Harga Bitcoin dapat dipengaruhi oleh transaksi besar di blockchain. Ketika seseorang mengirim transaksi besar (yang berisi lebih dari 1000 Bitcoin), ada keraguan dalam pikiran pedagang bahwa koin dikirim untuk dijual. Banyak pedagang melacak transaksi on-chain besar dan mencoba untuk memprediksi pergerakan harga Bitcoin berikutnya.

Pasar akan jatuh berkali-kali setelah transaksi besar terjadi. Pedagang juga melacak transaksi Tether stablecoin (USDT). Setiap kali yayasan Tether mencetak (mencetak) koin USDT baru, harga bitcoin akan melihat gerakan naik sedikit.

14. Prediksi Harga Bitcoin
Hashrate Bitcoin terus meningkat yang akan menunjukkan kekuatan dan kepercayaan dari jaringan bitcoin. Sentimen pasar berubah positif ketika periode koreksi berakhir. Mengumpulkan semua faktor, Bitcoin akan mengalami lonjakan harga di akhir 2020 atau awal 2021.

Peristiwa Bitcoin paling banter akan terjadi pada Mei 2020. Permintaan akan meningkat seiring waktu karena semakin banyak perusahaan untuk mulai menerima pembayaran Bitcoin. Semua outlet media utama mempublikasikan tentang Bitcoin dan teknologi blockchain yang akan membawa investor baru ke pasar. Regulator secara cermat mempelajari teknologi bitcoin dan blockchain dan kemungkinan akan membuat peraturan dan regulasi baru di tahun 2020.

Harga bitcoin hari ini