Skip to main content

Cara Menambang Litecoin Gratis di Android Dan PC

Mining litecoin
Pixabay.com
Menambang LTC bisa kamu lakukan dengan cara gratis. Salah satu nya mining Litecoin di hp andoid maupun di PC, kalau menambang pakai laptop tentu nya anda harus menggunakan sebuah software khusus untuk mining.

Sebelum kita membahas seluk beluk tentang cara menambang Litecoin dan berharga nya, mari kita simak fakta singkat tentang apa itu Litecoin (LTC).

Charlie Li, adalah mantan karyawan Google yang menciptakan Litecoin pada 2011 untuk mengatasi beberapa kekurangan dari Bitcoin (BTC). Li menciptakan Litecoin dengan beberapa keunggulan berbanding dengan crypto lain nya:

Total koin lebih banyak: Pasokan maksimum Litecoin adalah 84 juta sedangkan BTC mencapai 21 juta.

Pemrosesan transaksi yang lebih cepat: blok diproses setiap 2,5 menit, dibandingkan dengan 10 menit BTC

Algoritma kriptografi berbeda: LTC menggunakan Scrypt bukan SHA-256 yang lebih kompleks yang digunakan oleh BTC.

Berikut adalah beberapa fakta singkat tentang Litecoin (LTC):

7.200 Litecoin ditambang per hari

Blok penambangan yang bisa menghasilkan 12,5 LTC ($ 875)

Lebih dari 75% Litecoin telah ditambang (September 2019)

Sumber mining Litecoin diperkirakan akan habis akan sekitar tahun 2140

Litecoin dibagi dua setiap empat tahun

Cara Menambang Litecoin Di PC/Laptop/Komputer

Kembali ketika LTC dimulai, dimungkinkan untuk menambang  litecoin dengan CPU atau GPU komputer standar. Sayangnya, seiring koin tumbuh dalam usia dan popularitas, menjadi semakin sulit untuk menambang dengan peralatan berbiaya rendah. Hari-hari penambangan yang mudah telah berakhir, tetapi itu tidak berarti Anda masih belum dapat untung dari menambang Litecoin (LTC).

Sebuah catatan peringatan : semakin kuat rig Anda, semakin besar peluang Anda untuk  menghasilan koin LTC. Ingatlah hal ini ketika Anda mempertimbangkan seberapa banyak Anda ingin berinvestasi. Biaya rig yang baik dan listrik 24/7 mungkin dalam ribuan dolar.

Ada tiga cara untuk memulai petualangan menambangan  Litecoin :

1.Solo mining
2.Part of a mining pool
3.Cloud mining

Jika Anda tidak ingin membagikan hasil  mining dengan orang lain dan tertarik untuk mining litecoin sendiri, mining ltc solo adalah cara yang harus dilakukan. Kelemahan di sini adalah Anda harus menanggung beban penuh dari biaya menambang

Di sisi lain, Part of a mining pool berfungsi sama dengan mining solo, kecuali Anda mengumpulkan sumber daya Anda dengan penambang lain untuk kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pembayaran.
Menambang litecoin sendiri atau berkelompok  sama -sama memerlukan pembelian perangkat keras khusus untuk mining baik  mining ASIC atau GPU khusus.

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan outsourcing persyaratan perangkat keras, mining cloud adalah cara yang tepat. Ini mengharuskan Anda memilih perusahaan mining cloud yang tepat, memilih paket mining yang tepat, dan memilih kelompok penambangan yang baik.

Cara Menambang Litecoin Di  PC

Langkah 1: Perangkat Keras

Komputer untuk menambang litecoin Anda, atau rig, adalah bagian penting yang akan menentukan seberapa efektif Anda mencetak koin baru. Rig Litecoin dapat memiliki dua hingga lima GPU atau lebih. Rig juga akan membutuhkan RAM dan pendinginan yang signifikan untuk rig.

Langkah 2: Dompet

Jika Anda belum memilikinya, Anda harus memilih dompet atau walket mata uang kripto untuk menyimpan Litecoin yang anda dapatkan . Berikut adalah beberapa opsi wallet litecoin yang bisa anda coba:

Litecoin Core.
Atomic Wallet
LoafWallet (aplikasi wallet litecoin untuk Android dan IOS)
Ledger Nano S

Langkah 3: Setup Program mining
Ada beberapa program mining yang dapat Anda pilih, jadi pastikan Anda melakukan penelitian yang terbaik untuk rig Anda. Bagi mereka yang menggunakan ASIC, seharusnya sudah menginstal software khusus untuk mining litecoin. Untuk lebih detail anda bisa lihat di wiki LTC

Langkah 4 (Opsional)
Anda bisa mendaftar di salah satu situs mining litecoin berikut ini!

Litecoinpool.org
Poolin
F2Pool
Multipool
Antpool

Langkah 5: Mulai Menambang  Litecoin.

Cara Menambang Litecoin di Android

Bagi anda yang tidak punya PC/Laptop jangan bersedih karena anda masih bisa mining litecoin di hp android melalui beberapa aplikasi android untuk mining litecoin

Dan berikut daftar situs mining litecoin yang bisa anda coba

Slush Pool
AntPool
BTC.com
Kano CKPool
F2Pool

Kesimpulan
Mining atau menambang cripto coin bisa anda lakukan di perangkat apapun asalkan memadai dan untuk mendapatkan hasil mining gratis butuk waktu serta kesabaran dan tenaga.